Sabtu, 11 Juni 2011

soal perencanaan SDM


Nama : Alin Latifah Fauzi
NPM : 109100054
Kelas : ADNI B

SOAL PERENCANAAN SDM

1.      Apa hubungan antara perencanaan SDM dan strategi perusahaan?
Jawab:
Strategi perusahaan harus mencakup rencana SDM untuk menjalankan rencananya. Dapat dikatakan bahwa strategi bisnis atau perusahaan  mempengaruhi strategi dan kegiatan bidang SDM. Dan Persaingan strategi organisasi dari suatu perusahaan secara keseluruhan menjadi dasar dari perencanaan SDM.
         Perencanaan SDM akan mendukung sasaran global yang bersifat internasional maupun domestik meliputi kebijakan pengintegrasian kompensasi dan sistem benefit serta penerimaan para tenaga kerja. Ada beberapa kemungkinan pendekatan untuk mengetahui strategi yang harus dipilih oleh suatu perusahaan untuk mengilustrasikan hubungan antara strategi dengan SDM. Dua dasar strategi usaha yang dilakukan adalah cost-leadership (perusahaan dengan biaya paling murah) dan differentiation (diferensiasi).
Cost leadership menuntut organisasi untuk membangun tenaga kerjanya sendiri untuk disesuaikan dengan kebutuhan khusus mereka. Akan tetapi, pada strategi diferensiasi rencana SDM kelihatan hanya membutuhkan kerangka waktu yang lebih pendek dan penggunaan sumber lain untuk staf organisasi.

2.      Mengapa perencanaan SDM lebih umum berada pada perusahaan-perusahaan besar daripada di perusahaan kecil? Apakah keuntungan adanya perencanaan SDM dari perusahaan besar?
Jawab:
·      Dalam organisasi besar perencanaan SDM lebih umum dibandingkan organisasi yang lebih kecil karena dalam organisasi besar cakupannya lebih luas dan sumber daya manusianya lebih banyak dibandingkan organisasi yang lebih kecil sehingga harus mementingkan kepentingan yang lebih umum dan luas.
·      Keuntungan dari perencanaan SDM untuk organisasi besar :

a.      Mendorong prilaku proaktif dan terhindar dari prilaku reaktif dalam melaksanakan prilaku SDM yang akan berdampak positif dalam kegiatan organisasi besar.
b.      Perencanaan SDM berfungsi untuk memantapkan tujuan organisasi besar.
c.       Merangsang pemikiran kritis dalam menguji assumsi organisasi besar.
d.      Mendorong partisipasi tenaga profesional dalam proses produksi.
e.      Menjembatani jurang pemisah antara organisasi sekarang dengan visi organisasi di masa depan.
f.        Memantapkan alokasi SDM dan pilihan organisasi besar.
g.      Menciptakan suasana kebersamaan dalam organisasi besar.

3.      Sebagai tenaga kerja pada masyarakat pos industri menjadi lebih bervariasi, dampak apa yang akan terkena pada perencanaan SDM?
Jawab:
Perencanaan SDM digunakan sebagai indikator kesesuaian antara supply dan demand bagi sejumlah orang dalam organisasi dengan keterampilan yang sesuai, membantu menilai dan melengkapi rencana-rencana dan keputusan-keputusan manajemen dengan menilai pengaruh-pengaruh daripada tenaga kerja, dan membantu organisasi agar terhindar dari kelangkaan SDM pada saat dibutuhkan maupun kelebihan SDM saat tidak dibutuhkan ataupun penempatan pegawai secara benar.
Apabila tenaga kerja dalam pancaindustri menjadi lebih beragam hal ini berdampak terhadap organisasi dimana menggangu penilaian dan menentukan rencana dan keputusan organisasi, dengan tenaga kerja yang lebih beragam manajemen cxakupannya menjadi lebih luas dan perencanaan tenaga kerja harus disesuaikan agar sejalan dan kearah tujuan organisasi.

4.      Apa tujuan audit SDM?
Jawab:
a.      Menilai efektifitas SDM.
b.      Mengenali aspek-aspek yang masih dapat diperbaiki.
c.       Mempelajari aspek-aspek tersebut secara mendalam.
d.      Menunjukkan kemungkinan perbaikan, serta membuat rekomendasi untuk pelaksanaan kegiatan perbaikan tersebut.
e.      Untuk mengetahui apakah pelaksanaan dan hasil kerja karyawan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
f.        Untuk mengetahui apakah semua karyawan dapat menyelesaikan job description-nya dengan baik dan tepat waktu.
g.      Sebagai pedoman menentukan besarnya balas jasa kepada setiap karyawan.
h.      Sebagai dasar pertimbangan pemberian pujian dan atau hukuman kepada setiap karyawan.
i.        Sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan mutasi vertical (promosi atau demosi), horizontal, dan atau alih tugas bagi karyawan.
j.        Untuk memotivasi peningkatan semangat kerja, prestasi kerja, dan kedisiplian karyawan.

5.      Mengapa bagan penempatan dan ringkasan penempatan harus bersifat rahasia?
Jawab:
Karena dalam bagan dan ringkasan penggantian terdapat informasi penting yang tidak boleh diketahui oleh banyak orang terutama orang yang dinilai atau dianalisis. Informasi penting tersebut adalah tentang kelayakan seseorang untuk dipromosikan dapat bersumber dari 3 hal : prestasi kerja sekarang, hasil penilaian atasan langsung mengenai potensi yang bersangkutan dan hasil berbagai tes serta berbagai teknik penilaian lainnya. Apabila data ini tidak dirahasiakan maka memungkinkan adanya konflik untuk satu sama lain yang dipromosikan untuk mendapatkan tujuan masing2 pihak.

6.      Mengapa ketika perusahaan lebih global, perencanaan SDM lebih penting dan kompleks?
Jawab:
Perencanaan SDM internasional lebih kompleks dan penting. Kompleksitas perencanaan SDM organisasi global dipersulit dengan perbedaan hukum, kebudayaan, tradisi, sikap dan harapan. Kesulitan perencanaan SDM terletak pada masalah mengidentifikasi bidang-bidang yang berbeda dari pratek-pratek perusahaan yang berbeda dengan negara asing. Di satu sisi fungsi SDM mencari keseragaman pada praktek dan prosedur semua kegiatan untuk memastikan kepatuhan pada kebijakan pada perusahaan dan menjamin keseragaman budaya perusahaan. Di pihak lain kompetisi, hukum, kebudayaan, dan kepuasaan karyawan menuntut perbedaan dari kebijakan, praktek, dan prosedur perusahaan.

0 komentar:

Poskan Komentar