Sabtu, 11 Juni 2011

business plan ARTA COPY


1.      EXECUTIVE SUMMARY
ARTA COPY adalah sebuah perusahaan bergerak di bidang jasa fotocopy, print, penjilidan, dan semua yang berhubungan dengan pekerjaan kantor. ARTA COPY memiliki lokasi yang cukup strategis yang dekat dengan konsumennya yaitu dekat dengan daerah pendidikan dan perkantoran, sehingga dalam menjalankan bisnisnya mudah mendapatkan income secara maksimal. Dan menyebabkan aliran cashflow-nya lancar.
Pencapaian keberhasilan perusahaan ARTA COPY telah dihitung dan dirancang secara matang sehingga dapat dipastikan usaha ini akan berkembang dan memberikan keuntungan bagi para investor. Konsep perusahaan ARTA COPY sangat berpeluang bagi keberhasilannya, meskipun status saat ini perusahaan ARTA COPY masih dalam proses.

2.      COMPANY OVERVIEW
A.     TUJUAN
Tujuan dari usaha jasa fotocopy kami ini adalah:
1)      Usaha jasa fotocopy yang kami buat dapat diterima oleh konsumen khususnya dari orang-orang sekitar yaitu pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
2)      Menambah pengalaman dalam membuat rencana bisnis, proses pembuatan, cara memasarkan, dan pengelolaan keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan.
3)      Membuka peluang bisnis bagi kami untuk mengembangkan dan berkreasi kepada usaha jasa yang kami hasilkan.

B.      SEJARAH
Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pelaku usaha dan masyarakat untuk lebih cepat beradaptasi pada perkembangan teknologi tersebut. Hadirnya mesin fotocopy merupakan suatu bagian dari perkembangan teknologi tersebut yang sangat dirasakan manfaatnya. Mesin fotocopy ini sangat dibutuhkan bagi semua kalangan. Baik dari pelajar, mahasiswa, pegawai kantor, dan masyarakat pada umumnya.
Mesin fotocopy adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Mesin fotocopy zaman sekarang menggunakan xerografi, proses kering yang bekerja dengan bantuan listrik maupun panas. Mesin fotokopi lainnya dapat menggunakan tinta. Biasanya dalam sebuah pekerjaan, mesin fotocopy sangat dibutuhkan untuk memperbanyak data dan dokumen secara singkat dan mudah. Kita dengan mudah memperbanyak gambar dan tulisan, tinggal pencet tombol, tunggu sejenak, semua pekerjaan penggandaan beres.
Sekarang ini, di sekitar kampus Institut Manajemen Telkom terdapat beberapa tempat yang menyediakan jasa fotocopy. Namun, setelah kami amati di tempat fotocopy lain masih terdapat beberapa kekurangan. Diantaranya para pegawai kurang profesional, hasil fotocopyan kurang memuaskan, jam kerja terbatas, dan fasilitas lain yang ditawarkan kurang lengkap.
Dari permasalahan-permasalahan di atas muncul obsesi dari kami untuk mendirikan usaha jasa foto copy yang lebih memuaskan pelanggan.

C.      KONSEP
Konsep dari usaha jasa fotocopy kami ini adalah layanan prima 24 jam. Jadi, ARTA COPY berusaha memberikan layanan terbaik bagi pelanggan yaitu dengan jam kerja 24 jam. Hal ini dimaksudkan agar para konsumen tidak kesulitan mencari tempat fotocopy yang buka 24 jam. Selain itu karyawan kami juga akan melayani dengan cepat, rapi, dan ramah.

D.     STATUS SEKARANG
Usaha ARTA COPY ini belum dijalankan, karena kami masih merancang bagaimana cara untuk menjalankan bisnis ini. Masih banyak evaluasi-evaluasi yang perlu kami refisi agar dalam prakteknya usaha ini dapat bertahan dengan pesaing lainnya.

E.      STRATEGI
Strategi kami untuk menarik para konsumen diantaranya memberikan harga promo kepada para konsumen pada bulan pertama saat dibukanya toko kami, memberikan kupon setiap pembelian Rp 30.000,00 serta menjadi lebih dekat kepada konsumen dengan cara mempromosikan lewat jejaring social seperti facebook dan twitter.

3.      PRODUK DAN JASA
A.     PENJELASAN PRODUK
ARTA COPY merupakan sebuah perusahaan/ took yang menyediakan layanan fotocopy dalam berbagai hasil proyeksi, jasa penjilidan, jasa print, laminating, dan menjual berbagai macam peralatan tulis menulis (ATK). ARTA COPY berlokasi di Jalan Sukapura Ruko Indah Permai Blok B No. 17, Bandung dengan luas bangunan 4 x 6 meter. Status bangunan adalah sewa dengan masa sewa 1 tahun. Mengingat banyak masyarakat yang membutuhkan alat tulis menulis sebagai penunjang kinerja , maka ARTA COPY berkomitmen untuk melayani dan memenuhi permintaan dari para konsumen. Dengan layanan yang maksimal, kami yakin usaha kami akan berkembang pesat dan menjadi leader di pasar yang sama. Dalam prakteknya kami memiliki effort untuk menjaga pengadaan kualitas barang- barang kami.
Untuk memuaskan para konsumen, ARTA COPY memberikan pelayanan 24 jam. Selain itu, para pegawai kami ramah terhadap pelanggan dan cekatan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Output yang dihasilkan dari mesin fotocopy memiliki kualitas yang dapat memuaskan konsumen dari segi cetakan dan ketajaman tulisan. Kami juga akan memberikan diskon harga pada setiap kelipatan pembelian Rp 100.000,00. Dalam melakukan promosi sendiri kami menggunakan brosur atau flayer yang dibagikan kepada mahasiswa atau pelajar.

B.      FITUR
Layanan yang kami berikandiantaranyaadalah
1)      Jam kerja 24 jam.
2)      MemberikandiskonsetiapkelipatanpembelianRp 100.0000,00.
3)      Pelayanandarikaryawan kami yang memuaskanpelanggan.
4)      Ruanganber-AC.
5)      Menjual ATK yang lebihlengkapdaritempat lain.

C.      MANFAAT
Usaha jasafotocopy kami inibermanfaatuntuk
1)      Meringankandanmemperingkaspekerjaanparapelajar, mahasiswa,parapekerja, danmasyarakatsekitardalammemperbanyakdokumenatauberkas.
2)      Menyediakanberbagaimacam ATK yang digunakanparapenggunaalattulis.
3)      Memenuhikebutuhandanpermintaanparakonsumen.

D.     HARGA
1)      Jasafotocopy @lembarRp150
2)      Jasa Print (tintahitam) @lembarRp 300                                
3)      Jasa Print(tintawarna) @lembarRp 500
4)      JasaPenjilidanRp 2.000,-/jilid
5)      Jasa Laminating Rp 1.000,-/laminating
                                               
E.      STATUS SAAT INI
Usaha ARTA COPY ini belum dijalankan, karena kami masih merancang bagaimana cara untuk menjalankan bisnis ini.  Masih banyak evaluasi-evaluasi yang perlu kami refisi agar dalam prakteknya usaha ini dapat bertahan dengan pesaing lainnya.

4.      ANALISIS INDUSTRI PASAR
A.     STRENGTH ( KEKUATAN )
1)      Pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan.
2)      Pemberikan diskon harga pada setiap kelipatan pembelian Rp 100.000,00.
3)      Memiliki mesin fotocopy dan jumlah computer yang memadai.
4)      Ruangan yang nyaman ( AC dan design ruangan modern ).
B.      WEAKNESS ( KELEMAHAN )
1)      Usaha kami akan mengalami penurunan pendapatan ketika musim liburan.
2)      Modal yang kami butuhkan relative besar.

C.      OPPORTUNITY ( PELUANG )
1)    Banyak orang yang membutuhkan jasa fotocopy untuk mempermudah suatu pekerjaan.
2)    Di tempat fotocopy lain belum ada yang memberikan pelayanan 24 jam.
3)    Kesempatan untuk memperluas lahan bisnis.
D.     THREAT ( ANCAMAN )
1)    Banyaknya pesaing.
2)    Harga bahan baku yang semakin mahal.

5.      STRATEGI PEMASARAN
1)      Pemasaran Produk
Beberapa cara memasaran produk saya adalah dengan :
a)        Melakukan promosi via people ( teman, saudara dan  dosen-dosen).
b)        Melakukan promosi via elektronik ( handphone, jejaring sosial di internet seperti facebook, twitter, dan lain-lain)
c)        Melakukan promosi dengan menggunakan brosur atau flayer-flayer.
2)      Tingkat Pelayanan
Dalam usaha ini, kami memberikan pelayanan yang memuaskan melalui layanan langsung 24 jam, pegawai yang ramah dan cekatan, serta tepat waktu pekerjaan.
3)      Penetapan Harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relatif sehingga dapat menjalankan usaha secara continue untuk meningkatkan pangsa pasar.

6.      PENGEMBANGAN
a.      Evaluasi Lokasi
Lokasi yang kami pilih untuk mendirikan usaha jasa fotocopy ini adalah JalanSukapuraRuko IndahPermai Blok B No. 17, Bandung.


b.      Sarana dan Prasarana
·         Sarana yang kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan memanfaatkan meja kursi, ruang tunggu, dan tempat parkir.
·         Sedangkan untuk prasarananya kami menggunakan ruko seluas 4x6 m2.
c.       Bahan-bahan Utama
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan usaha fotocopy antara lain:
·         4 buah mesin fotocopy
·         4 buah computer
·         4 buah printer
·         1 buah alat potong kertas
·         Berbagai jenis dan ukuran kertas
·         Straples besar dan kecil beserta isi
·         Isolasi berbagai ukuran
·         Berbagai warna mika
·         ATK
d.      Jadwal Pelaksanaan
Usaha fotocopy kami ini akan mulai didirikan pada tanggal 29 Agustus 2011 untuk persiapan penataan layout. Kegiatan operasional penjualan mulai launching dan diperkenalkan ke masyarakat mulai tanggal 1 September 2011.

7.      OPERASI
a.      PROSES OPERASI USAHA
Proses operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
b.      KEBUTUHAN BAHAN OPERASI
Kebutuhan bahan operasi fotocopy dikelola oleh pimpinan mengenai kebutuhan bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk, dan kegiatan pemasaran.


c.       KEGIATAN PERAWATAN MESIN
Mesin fotocopy yang digunakan mempunyai umur ekonomis selama empat tahun. Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli mesin sesuai dengan mesin-mesin yang kami gunakan. Misalnya perawatan mesin copy, perawatan dilakukan secra berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami.

8.      MANAJEMEN
A.     SRUKTUR ORGANISASI
-          Owner
1)      Alin Latifah Fauzi
2)      Rifka Fahrul Musthofa
3)      Tantri Mandasita
4)      Astie Fujiastuti
-          Karyawan :
1)      Syakuro
2)      Indah
3)      Budi

B.      JABATAN DAN URAIAN TUGAS
Pemilik berperan sebagai pemantau dan penanggungjawab operasional. Sedangkan karyawan sebagai pelaksana pengoperasian mesin fotocopy sekaligus melayani konsumen.

C.      JAM KERJA
Toko fotocopy “ARTA COPY” menggunakan jam kerja setiap hari atau dari Hari Senin sampai Minggu 24 jam dengan menggunakan sistem pembagian shift karyawan.

9.      IKHTISAR KEUANGAN
A.     Rincian Keuangan
1)      Bahan habis pakai
·         Kertas A4 @rim                                                  = Rp     460.000,-
·         Kertas Folio bergaris @rim                                = Rp     500.000,-                    
·         KertasFoto @bungkus                                         = Rp     200.000,-
·         Tintawarnadantintahitam                                  = Rp     100.000,-
·         Kertas A3 @rim                                                  = Rp     600.000,-
·         Kertas Cover @rim                                             = Rp     750.000,-
·         Mika @rim                                                         = Rp     600.000,-
·         Lakban @lusin                                                    = Rp       60.000,-
·         Selotip @lusin                                                     = Rp     24.000,-
·         ATK                                                                      = Rp   2.000.000,-
·         CD/DVD @pak                                                    = Rp     200.000,-
·         Mejabelajar mini                                                =Rp      140.000,- +
                                                                            = Rp  5.634.000,-
2)      Peralatan Penunjang ( Investasi Tetap)
·           Etalase                                                               = Rp      2.500.000,-
·           MesinFotocopy 4 buah                                      = Rp29.000.000,-
·           Komputer 4 perangkat                                      = Rp 20.000.000,-
·           Printer 4 buah                                                    = Rp     6.000.000,-
·           AlatJilid                                                      = Rp    300.000,-
·           Alatpemotongkertas                                          = Rp        200.000,-
·           Mejadankursi                                                     = Rp     2.000.000,-
·           Rak                                                                     = Rp     1.000.000,- +
                                                                           = Rp    61.000.000,-
3)      Sales & Marketing
·           Brosur dan flayer  100 buah                             = Rp      50.000,-

4)       Biaya-biaya
·           Listrik /bln                                                          = Rp        300.000,-
·           Sewaruko /bln                                                   = Rp       625.000,-
·           PemeliharaanPeralatan /bln                             = Rp          83.000,-
·           Gaji karyawan 3 x @ 300.000                           = Rp        900.000,- +
                                                                                            = Rp       1.908.000,-
                                                                                   Total            = Rp     68.592.000,-

5)      Dana Investasi Yang Dibutuhkan
Dana yang dibutuhkan untuk memulai investasi awal Rp 80.000.000,-
6)      Rencana Sumber Modal
Sumber dana untuk memulai bisnis ini, pemilik berencana memakai sumber danadengan menggunakan modal bersama sebesar Rp 40.000.000 dan dari sponsor sebesarRp 40.000.000
7)      Rencana Penjualan
Jasafotocopy @lembarRp 150                     500 lembar                    Rp     75.000,-
ATK                                                                                                      Rp     75.000,-                     
Jasa Print (tintahitam)@lembarRp 300     100 lembar                     Rp     30.000,-        
Jasa Print(tintawarna) @lembarRp 500       50 lembar                     Rp     25.000,-
JasaPenjilidanRp 2000,-/jilid                         20 jilid                           Rp     40.000,- 
Jasa Laminating Rp 1.000,-/laminating        20 laminating               Rp     20.000,-  +
Jumlah                                                                                                Rp    265.000,-

8)      Ilustrasi Keuangan
Kas                                                                          Rp 11.366.000,-
Persediaan bahan baku                                          Rp   5.634.000,-
Peralatan                                                                Rp  61.000.000,-  +
                                                                               Rp80.000.000,-
Utang                                                                                              Rp 40.000.000,-
Modal                                                                                             Rp 40.000.000,-  +
                                                                                                       Rp 80.000.000,-
9)      Laporan Laba Rugi/bulan
Pendapatan perbulan
Rp    265.000,- x 30 hari                                                                             Rp  7.950.000,-
Beban-beban :
-            Biaya bahan baku                                                Rp        5.634.000,-
-            Biaya listrik                                              Rp           300.000,-
-            SewaRuko /bln                                         Rp        625.000,-
-            PemeliharaanPeralatan /bln                   Rp             83.000,-
-            Biaya gaji karyawan/bln                          Rp             900.00,-
Total beban                                                                                                 Rp 7.542.000,-  _
Laba                                                                                                            Rp 408.000,-

10)  BEP perbulan
Pendapatan (TR)        =   pengeluaran (TC)
265.000. Q                  =   Rp 7.542.000
Q                                 =   Rp 7.542.000 : 265.000
Q                                 =   28 unit
Ketika menjual 28 unit sudah menutupi beban yang dikeluarkan selama sebulan.








10.  LAMPIRAN-LAMPIRAN
A.     FOTO
Ruko yang nantinya akan kami gunakan untuk membuka usaha jasa fotocopy.


B.      BUKTI PRODUK
Logo ARTA COPY

0 komentar:

Posting Komentar