Sabtu, 09 April 2011

analisis swot


ANALISIS SWOT
PADA BISNIS SALON MOBIL DAN MOTOR

Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas Enterpreneurship 1


Disusun Oleh:
Alin Latifah Fauzi       (109100054)
Administrasi Niaga B





INSTITUT MANAJEMEN TELKOM
BANDUNG
2011
A.      Latar Belakang Pemilihan Bisnis Salon Mobil dan Motor

Saya memilih bisnis ini karena memang bisnis ini menjanjikan. Banyak orang yang malas mencuci sendiri kendaraannya. Mereka lebih memilih mengeluarkan sedikit uangnya untuk memanjakan mobil atau motornya. Apalagi di saat musim penghujan, kendaraan mereka pasti penuh dengan kotoran dan sulit untuk dibersihkan sendiri. Memang telah banyak ditemukan di kota-kota besar maupun kecil tempat pencucian mobil atau motor. Akan tetapi layout atau fasilitasnya kemungkinan besar hampir sama. Pelanggan hanya duduk menunggu mobil atau motornya selesai dicuci, mungkin ada yang sambil membaca koran atau bermain cellphonenya. Di sini saya menginginkan sesuatu yang beda. Saya akan membuat pelanggan betah dan esok akan kembali lagi ke salon mobil dan motor saya ini. Saya akan menambahkan fasilitas-fasilitas untuk pelanggan. Misalnya, tempat bermain anak-anak. Saat akhir pekan banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya untuk berlibur, akan tetapi mobilnya mungkin belum sempat dibersihkan. Dalam waktu menunggu tersebut anak-anak-anak dapat dimanjakan oleh fasilitas-fasilitas yang saya tawarkan ini. Sehingga mereka tidak cepat merasa bosan dan mereka kemungkinan besar ingin kembali ke tempat kami. Selain itu juga, kebiasaan dari anak-anak adalah menceritakan hal-hal yang mereka anggap menyenangkan kepada teman-temannya. Dan teman-temannya tersebut meminta kepada orangtuanya untuk datang ke tempat saya. Bertambahlah pelanggan saya. Fasilitas lain misal, smooking area, cafe lengkap dengan fasilitas wifi, tempat ibadah atau mushola, ruang tunggu ber-AC beserta fasilitas membaca koran atau majalah dan wifi, dan lain-lain. Usaha saya ini juga dilengkapi dengan jasa modifikasi mobil dan motor. Untuk karyawan atau pekerjanya saya akan memilih mereka yang dapat bekerja keras, jujur, bertanggungjawab terhadap pekerjaannya, ramah dan sabar dalam menghadapi pelanggan. Target pasar saya adalah orang-orang yang memiliki kendaraan roda dua atau empat, bisa pekerja kantoran maupun mahasiswa. Untuk harga saya akan menyesuaikan dengan fasilitas-fasilitas yang saya tawarkan tersebut. Mungkin agak lebih mahal sedikit dari salon-salon mobil atau motor pada umumnya. Tapi saya kira sebanding dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan kepada pelanggan saya. Saya membuka bisnis ini supaya orang-orang peduli terhadap kebersihan dan kecantikan mobil maupun motornya.




B.      Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan ( strenghts ), kelemahan ( weaknesses ), peluang ( opportunities ), dan ancaman ( threats ) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek yang mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
Dalam merencanakan bisnis salon mobil dan motor ini, saya juga memikirkan apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman selama saya menjalankan bisnis ini.
1.       Strenghts ( kekuatan )
Strenghts merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
Kekuatan dalam bisnis saya ini adalah
a)      Saya memberikan fasilitas-fasilitas kepada pelanggan yang mana tidak ditemukan pada tempat pencucian kendaraan lain.
b)      Karyawan-karyawan saya ramah, sabar, pekerja keras, dan dapat bertanggungjawab.
c)       Harga yang saya tawarkan sebanding dengan fasilitas-fasilitas yang didapat oleh pelanggan.

2.       Weaknesses ( kelemahan )
Weaknesses merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
Kelemahan yang terdapat dalam bisnis saya adalah
a)      Banyak orang yang lebih memilih tempat lain karena harganya lebih murah.
b)      Masih banyak orang yang kurang peduli dengan kecantikan mobil dan motornya. ( demand masih rendah )
c)       Frekuensi atau intensitas orang memodifikasi mobil dan motornya masih tergolong rendah atau jarang.
3.       Opportunities ( peluang )
Opportunities merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi. Kondisi yang terjasi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
Peluang bisnis saya ini adalah
a)      Banyaknya orang-orang yang malas untuk membersihkan atau mencuci sendiri kendaraannya, sehingga menjadi peluang untuk saya.
b)      Orang tua memilih mencucikan mobil atau motornya di tempat saya karena anak-anaknya yang meminta, atau mereka menginginkan anaknya nyaman dan tidak bosan.
c)       Pada musim hujan, banyak kendaraan yang kotor akibat cipratan air atau kehujanan.
d)      Banyak anak muda yang suka memodifikasi mobil maupun motor mereka.

4.       Ancaman ( threats )
Threats merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek, atau konsep bisnis itu sendiri.
Ancaman bisnis saya adalah
a)      Fasilitas-fasilitas bagi anak-anak banyak yang rusak sehingga butuh banak biaya untuk perbaikan.
b)      Pada musim panas jarang orang yang mencucikan motornya.
c)       Biaya untuk membayar semua fasilitas pelanggan dan karyawan tidak sedikit.
d)      Peralatan modifikasi mobil atau motor masih tergolong mahal.
e)      Jika terjadi lecet atau tergores pada cat mobil, butuh biaya lebih untuk mengecatnya kembali.

0 komentar:

Posting Komentar